Jumat, 19 Maret 2010

Nasib Baseball&Softball di Indonesia



Peminat olahraga Baseball&Softball di Indonesia masih sangat sedikit dibandingkan peminat sepak bola & basket dari segi atlet maupun penggemarnya. Padahal di negara-negara lain seperti negara di Amerika, Jepang dan negara lainnya, baseball&softball sangat diminati bahkan melebihi peminat sepak bola dan basket. Mengapa baseball&softball di Indonesia nasibnya tidak sama dengan nasib di negara lain?

Nah, menurut pengamatan saya. Kurangnya peminat olahraga Baseball&Softball di Indonesia disebabkan oleh beberapa faktor. Yaitu:

1. Mahalnya biaya yang diperlukan

Faktor keuangan sangat mempengaruhi banyaknya peminat dari sebuah olahraga tersebut. Apalagi di Indonesia, kebanyakan orang lebih senang membelanjakan uangnya untuk kesenangan pribadi daripada berolahraga. Tentunya baseball&softball membutuhkan dana yang lumayan besar. Disebabkan karena kebutuhan peralatannya yang banyak dan membutuhkan lapangan yang besar.


2. Perhatian pemerintah

Sepertinya perhatian pemerintah terhadap perkembangan baseball&softball di Indonesia ini masih kurang. Hal tersebut terbukti dari sedikit dan kurang terawatnya lapangan-lapangan baseball&softball. Lalu masih mahalnya harga perlengkapan baseball&softball, sehingga atlet-atlet sulit mendapatkan perlengkapan yang dibutuhkannya.


3. Minat masyarakat

Bila diperhatikan, masyarakat Indonesia masih berminat kepada olahraga yang tidak mengeluarkan biaya yang banyak. Seperti sepak bola, basket ,volley, atau bulu tangkis. Dari macam-macam olahraga tersebut, kita dapat menarik kesimpulan. Pertama, masyarakat Indonesia lebih berminat kepada olahraga yang dapat dilakukan dimana saja. Seperti di pinggir jalan, dilapangan kosong, maupun dihalaman sekolah. Kedua, masyarakat Indonesia memilih olahraga yang perlengkapannya sedikit dan ekonomis. Bisa kita lihat seperti sepak bola, dengan bermodal sebuah bola. Sepak bola dapat dimainkan dimana saja walaupun gawangnya terbuat dari tumpukan batu saja. Berbeda dengan baseball&softball yang membutuhkan lapangan besar, glove, bat, base, bola, peralatan untuk cathcer, helmet, protector, dan peralatan lainnya.


Yah, begitulah pandangan saya terhadap nasib olahraga baseball&softball di Indonesia. Dan saya berharap agar baseball&softball di Indonesia akan lebih maju dan berkembang seperti baseball&softball di negara lain. Amiiinnn...

0 comments:

Posting Komentar